Kitab Jambul Pangkur Munyuk (Butet)

13 Juni 2009 § Tinggalkan komentar

Ini adalah cerita seseorang yang hanya bisa membaca aksara jawa dan berpegang teguh pada sebuah buku yang berjudul “kitab jambul pangkur munyuk”

Di dalam buku ini terdapat ilmu munyuk yang bermanfaat, disebutkan bahwa kita hidup di dunia ini ada maksudnya, ada artinya, ada filosofinya, ada filsafatnya yaitu filsafat munyuk.

Dikatakan bahwa ini adalah ilmu yang gak sembarangan ilmu sejati dan kalo kita bener benar menghayati ilmu munyuk ini kita akan jadi mengerti seperti :

“Monyet makan pisang” itu ada artinya, pisang adalah buah yang murah ARRRTINYA…sebagai manusia kita hendaknya menjadi manusia yang pemurah bersedia berbagi kepada siapapun sehingga seluruh hidup kita ini berguna bagi siapa saja seperti pohon pisang.

Pohon pisang adalah pohon yang tidak egois semuanya berguna, seperti daun, daun pisang berguna untuk membungkus, batangnya bisa digunakan untuk nancepin wayang, pelepahnya ditekuk tekuk bisa buat mainan yaitu kuda-kudaan, anthoknya atau jantung pisang bisa untuk diuntal…jadi sayuran..kulit pisang?? Kulit pisang bisa untuk bahan plesetan hehe…

Pohon pisang adalah pohon yang solider ato tidak mementingkan dirinya sendiri berbeda dengan pohon BERINGIN… mau tahu laennya kenapa?laennya kalo pohon beringin itu besar,rindang,rantingnya menjurai,akarnya melata kemana mana samapai-sampai menyerobot kesuburan tanah disekitarnya….

Kalo pohon pisang?? pohon pisang itu selalu membiarkan anak-anaknya tumbuh menjadi besar disekitarnya dan pohon pisang akan mati setelah berbuah..ARTINYA hendaklah kita ini selama hidup membuahkan kebaikan, jangan sampai kita sudah mati tapi kita belum berbuat baik.

Itulah sebagian isi kitab jambul pangkur munyuk…

Dari monolog butet..

Tagged: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kitab Jambul Pangkur Munyuk (Butet) at kupu biru.

meta

%d blogger menyukai ini: