Ngurus Npwp

26 Oktober 2011 § 2 Komentar

Adakah diantara temen-temen semua ada yang belum punya npwp?
Jadi begini ceritanya, awalnya saya ditanyain bagian administrasi perusahaan tempat saya bernaung beberapa bulan ini. Apakah mas heri udah punya npwp? Jeng…jeng, yak yak saya punya npwp tapi kartu npwp saya ilang beberapa bulan yang lalu. Iya hilang bareng kartu-kartu penting lainnya dan hanya kartu npwp yang belum saya urus.

Bagaimana harus mengurusnya? saya belum tahu. Kok bisa? iya karna dulu saya didaftarin ama perusahaan dan hanya tinggal terima beres🙂. Salah satu jalan adalah menelpon teman dan ngandelin google. Saya disarankan pergi ke kantor pajak untuk mengurusnya.

Singkatnya saya datang ke kantor pajak cabang pembantu di kabupaten, dengan membawa ktp dan surat kehilangan dari kepolisian. Setelah mengutarakan maksud saya, kemudian sama petugas dicek keberadaan npwp saya. Berhasil dan saya diberi nomor npwp saya. Ealah ternyata saya terdaftar di kabupaten sebelah (sleman) bukannya di kabupaten tempat saya tinggal. Kalau cuman urusan hilang bisa diselesaikan di cabang pembantu tapi ini kan baiknya mutasi sekalian. Kemudian saya disarankan ke kantor pusat aja yaitu di jogja untuk keperluan mutasi dan cetak kartunya.

Gak lama sampailah saya ke kantor pajak jogja (tentunya menuju loket pelayanan di kabupaten saya). Seperti tadi langsung mengutarakan tujuan saya untuk urus kartu yang hilang sekalian mutasi. Yak kemudian saya diberi formulir npwp sekalian mutasi npwp ke kabupaten tempat saya tinggal. Setelah saya isi dan saya serahkan kembali ke petugas ternyata hanya butuh sekitaran 15 menit kartu npwp saya yang baru sudah di tangan… mudah kan🙂.
Buat temen-temen ternyata gak seribet yang dibayangkan ngurus npwp. Kalau pengen tau manfaat punya npwp buka aja link ini.

Nah kalau ada yang belum punya npwp, caranya gampang kok datang aja ke kantor pajak setempat dan bawa syarat-syarat ini :
1. Foto copy Ktp / Identitas diri
2. Foto copy kartu keluarga
3. SK ( pegawai negeri ), kalau syarat yang ini karena pph ( pajak penghasilan) dipotong dari kantor.
4. Mengisi formulir npwp.

Semoga bermanfaat.

Tagged: , , ,

§ 2 Responses to Ngurus Npwp

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Ngurus Npwp at kupu biru.

meta

