Fraktur

22 Januari 2012 § 20 Komentar

Oktober tahun kemarin menjadi salah satu bulan yang berat bagi saya. Iya saya menaiki motor bersama seorang teman dan tergelincir karena kemungkinan ada solar yang tumpah dijalanan. Akibat kecelakaan itu saya harus dijahit bagian dagu sebanyak empat jahitan dan yang lebih parah saya mengalami patah tulang rahang. Tepatnya patah tulang rahang bagian bawah. Kalau di bahasa kedokteran dinamakan fraktur mandibula. Fraktur mandibula seperti ditulis disini adalah putusnya kontinuitas tulang mandibula. Hilangnya kontiunitas pada rahang bawah (mandibula), yang diakibatkan trauma wajah ataupun keadaan patologis, dapat berakibat fatal bila tidak ditangani dengan benar.

Begitu tahu bahwa saya mengalami fraktur mandibula, saya buru-buru cari informasi di internet. Ternyata dari beberapa informasi yang saya dapat, ini bisa berakibat fatal. Apabila tidak segera ditangani akan terjadi seperti gangguan membuka dan menutup mulut dan juga apabila parah bisa mengalami perubahan bentuk muka dan ini juga seperti yang diungkapkan dokter yang menangani saya.
Setelah 2 kali rontgen dan diskusi tim dokter gigi akhirnya diputuskan untuk interdental wiring (memasang kawat pada gigi). Iya teknisnya sii seperti memasang kawat gigi di bagian atas dan bawah kemudian rahang atas dan bawah disatukan juga pakai kawat. Ya bisa dibilang  masa karantina lidah…begitulah. Yes, dan prosesi ini akan berlangsung sekitar 6-8 minggu..horror😦. Hari pertama setelah dipasang wiring ini enaudubileee berat. Kepala pusing bukan kepalang rasanya nyut-nyutan plus bonus badan gatel-gatel karna alergi. Resiko yang harus saya tanggung lainnya adalah pastinya tidak bisa makan dan susah untuk bicara secara jelas.

Nah loo trus bagaimana asupan makanan saya? Tiap hari saya cuman konsumsi susu yang direcomend ma dokter yaitu peptisol. Susu peptisol ini bisa diminum sebagai  pengganti asupan makanan yang diminum secara berselang seling dengan makanan biasa ataupun sebagai pengganti makanan secara total seperti pada kasus saya ini.
Memang ini jadi sesuatu yang berat bagi saya, apalagi membayangkan sebulan setelah saya pasang wiring ini akan melaksanakan suatu prosesi yang udah direncanain beberapa tahun yang lalu. Tiga hari setelah pasang wiring barulah rasa pusing-pusing mulai hilang, tapi hari keempat  dan selanjutnya masih harus tetep saya jalanin. Dua minggu pertama berat badan turun lima kilogram. See… kalau urusan nurunin berat badan cara ini emang ampuh🙂. Oh yaa saya akhirnya mengkonsumsi berbagai macam jus buah dan juga jus kacang hijau. Ini sangat membantu agar badan gak terlalu lemes.

Skip cerita aja yaa, selesai sudah karantina lidah ini, sampai dua bulan lamanya saya dipasang wiring. Betapa bahagianya saya pas hari itu. Saya udah kangen banget yang namanya makan nasi🙂. Yes, tentu banyak hikmah dan pelajaran yang saya dapat dari peristiwa ini. Saya juga mau mengucapkan terima kasih banyak kepada Drg. Jimmi Ahli bedah mulut, Drg Arya, Drg Doddy, Drg Fitriana dan maaf beberapa nama saya lupa🙂. Yang pasti semua yang ada di bagian Poligigi Rsu Wates.

Tagged: , , , ,

§ 20 Responses to Fraktur

  • ellykurnia mengatakan:

    weleh dapat musibah lagi to m heri, cepet normal & bisa makan nasi lagi deh, selamat datang ke dunia nasi, hohoho

  • heri tulang mengatakan:

    iya ell, begitulah. alhamdulillah dah normal nii🙂

  • teguhsan mengatakan:

    Jadi wajah kamu sekarang sudah berubah? ….. lebih mirip ryan gosling atau Channing tatum…? …….*kemudian kena lempar tugu jogja

  • ellykurnia mengatakan:

    Wkwkwkwk, ealah m mami, itu mah operasi plastik jatuhnya ntar

  • heri tulang mengatakan:

    ealah kalo kek ryan gosling. bisa-bisa abis dari poligigi ke poligami dong…kikikik

  • dwi febri mengatakan:

    mas kalo blh tau brp hrga pemsngn kwt2 nya, soalnya skrng sya jg lg kena msbh yg sm

  • heri tulang mengatakan:

    masi dibawah 500 ribu kakak, udah agak2 lupa pastinya :))

  • lusti hutahaean mengatakan:

    kemarin ntuh emang nya gak di operasi ea?

  • lusti hutahaean mengatakan:

    mas aku juga mengalami fraktur skarang sih masih gak terlalu kelihatan tapi udaah tersa banget mengganggu di wajah aku

  • heri mengatakan:

    @lusti. Gak pake operasi. karena dokter sepakat interdental wiring sudah cukup. Dan saya setuju dengan konsekwensi pemasangan kawat gigi ini yaitu mulut gak bisa mangap…dikunci dulu, suruh puasa mangap beberapa bulan deh.setelah kawat dilepas masih sering ngilu kalau makan agak keras dan kalo tidur secara gak sengaja gigi seperti gemeretek/ mengerat. tapi kisaran sebulan udah ilang sendiri itu keluhan.

  • selaludidepan mengatakan:

    gak difoto her

  • monica mengatakan:

    Mas kalo boleh tau setelah kepas kawatnya berapa lama bisa maka secara normal? Sy jg br kecelakaan kena rahang kanan n kiri yg kena. rahang kanan patah jd di operasi n pasang pen. Klo rahang kiri retak jd dpasang kawat. Sudah 1mggu ini. Katanya dkawat slama 4mggu.

  • heri mengatakan:

    @ fendi. Foto ada fen, cuman gak dibagi aja🙂
    @monica. Sehabis dilepas langsung bisa makan, walau ngunyah pelan2. Karena mulut belum bisa langsung membuka lebar saya pakai sendok kecil/sendok teh buat makan. Awal memang rahang berasa kurang kuat tapi setiap hari terus berangsur membaik. Kalau sampai normal 100 % saya waktu itu kisaran 2,5 – 3 bulan sejak dilepas kawatnya. Semoga lekas sembuh ya monica, senang bisa berbagi.

  • Anonim mengatakan:

    Harus minum susu peptisol apa boleh susu yg lain mas? Adiku baru saja dpsang kawat trus ga boleh mangap.

  • Anonim mengatakan:

    Itu harus 8mnggu baru dilepas kawatnya pa mas?

  • heri mengatakan:

    Kalau susu yang direkomendasikan dokter peptisol karna itu susu kaya nutrisi protein, lemak dsb. Mengkonsumsi susu tambahan juga gpp. Lebih baik tambah konsumsi jus biar gak bosen. Idealnya 8 minggu, kecuali ada acara khusus ijab qobul misalnya ya bilang aja ke dokternya.

  • Anonim mengatakan:

    hay, beberapa hari yang lalu
    pacar saya baru saja mengalami hal yang sama.
    kata dokter baru bisa dibuka 3 bulan kemudian..
    untuk asupan selain susu peptisol apalagi ya Mas?
    karena hanya dapat beberapa obat.

    mohon di bantu ya Mas..

    terima kasih,
    aprilia

  • heri mengatakan:

    semoga pacar mbak aprilia bisa menjalani 3 bulan dengan lancar yaa..kalau saya dulu cuma konsumsi susu peptisol sama jus buah dan jus sayuran.. itu saja.

  • Anonim mengatakan:

    Kalau Mas Heri sendiri baru dibuka berapa minggu mas in total?

  • heri mengatakan:

    Pastinya lupa kakak, tapi kisaran 2 bulan

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Fraktur at kupu biru.

meta

