Ber-Motor

26 Mei 2013 § Tinggalkan komentar

Naek motor itu mudah kan? Tentu itu hal mudah bagi sebagian banyak orang. Tapi bisakah kita bermotor dengan aman? Kalau saya yang di tanya begituan akan saya jawab. Saya akan berusaha aman. Nah kalau pernah baca crita saya disini dan disini, saya termasuk yang mempunyai track buruk dalam naek motor. Dua kali kecelakaan dan dua-duanya kecelakaan tunggal. Nah kali ini bukannya sok ngerti,  tapi menurut saya ada tiga hal penting yang harus diperhatikan saat kita naek sepeda motor. Ini cuman tiga hal yang saya tarik dari pengalaman ya, bukannya aturan dan etika berkendara yang udah ada di kepolisian.berkendara

Apa itu? Yep satu, disaat berkendara “peganglah kedua stang motor”. Emang ada yang naek motor tus nyetirnya pake satu tangan? Banyak. Menurut saya ini hal paling penting, karena dengan memegang kedua stang motor maka motor akan berjalan jauh lebih stabil daripada hanya menggunakan satu tangan. Saya suka ngeri kalau ngliat di jalanan ada pengendara motor yanga hanya memakai tangan kanan handling  dan tangan kiri beraktifitas megangin henpon atau apalah. Hebat atau ceroboh? Menurut saya ini ceroboh. Kalau di jalanan mulus mungkin gak kenapa-napa tapinya sekalinya kena lubang atau harus rem mendadak yang beginian ini kemungkinan besar oleng.

Kedua menurut saya, naek motor ya harus pakai helm. Ini penting ting ting. Bagaimanapun semua orang gak mau jatuh atau kecelakaan tapi sekalinya terjadi dan gak pake helm .. aduh, pasti ending cerita sangat jauh berbeda dibanding yang pakai helm.  Mending sayangi kepala kita deh, obat syaraf mahal cuii.

Hal ketiga menurut saya adalah cara pengereman. Saat ingin berhenti atau mengurangi laju motor membutuhkan pengurangan gas dan pengereman, gunakanlah rem belakang lebih dulu. Yap rem belakang  barulah tarik tuas rem depan sedikit demi sedikit sebagai bantuan tambahan. Ini akan sangat membantu agar ban motor tidak sliding.

Oiya ini ada tips agar aman dan nyaman dalam bermotor dari inneke disini atau yang ini, silahkan dibaca. Nah ada yang mau nambahin gak nii, silahkan🙂

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

What’s this?

You are currently reading Ber-Motor at kupu biru.

meta

