ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

27 Maret 2014 § 2 Komentar

Nah merasa waktunya tepat banget, disaat saya longgar begini ada kontes blog “Asus Notebook Terbaik dan Favoritku”. Jadi ceritanya bulan kemarin udah bikin draf buat nulis ini sebagai bentuk puas memakai notebook saya, kemudian begitu melihat twiternya Asus yang lagi ngadain kontes Asus Notebook Terbaik dan Favoritku saya buru-buru selesaikan tulisan ini.

Notebook yang saya pakai adalah Asus VivoBook x 202 E. NoteBook ini sudah saya pakai selama 1.5 tahun. Ada beberapa alasan kenapa saya mengganti notebook lama hingga akhirnya terpilih Asus dari pada merk notebook lain. Alasan utamanya adalah, saya mencari notebook pengganti yang mumpuni untuk kebutuhan pekerjaan. Alasan kedua, dengan budget yang saya dapatkan dari menabung cukup lama harus bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan notebook yang berkualitas. Alasan selanjutnya notebook harus mudah dibawa kemana-mana. Yak, saya bukan tipe orang kantoran yang tiap hari menetap dalam ruangan jadi butuh notebook ringan karna beberapa kali waktu saya akan menyelesain kerjaan di luar kantor, misalnya di tempat ngopi atau di rumah rekan kerja. Kemudian biar gak keliahatan jadul nih, saya butuh notebook yang modis saat dibawa tampil ndalang alias presentasi.

Kebutuhan saya gak jauh-jauh dari Office dan aplikasi buat civil seperti Autocad, SAP ataupun HEC-RAS. Ditambah buat selingan saya suka maen game balap NFS dan tembak- tembakan ala Sniper elite. Setelah mendengar cerita pengalaman dari beberapa teman yang sudah memakai notebook asus yang konon katanya bandel. Kemudian juga hasil browsing-browsing dan juga hasil dari ngikutin twitternya Asus akhirnya mengerucutlah pilihan notebook terbaik yang berbanding lurus dengan budget adalah Asus Vivobook x 202 E.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Seperti yang saya bilang di awal kita harus jeli mencari notebook dengan harga sesuai budget tapi mendapatkan spesifikasi yang maksimal.  Spesifikasi pertama yang saya perhatikan adalah processor. Asus Vivobook x 202 E ini memakai processor Intel® Core™ i3 3217.  Nah apa sih procesor dan seberapa penting perannya? Prosesor atau CPU berfungsi menjalankan instruksi yang diberikan oleh sistem operasi (windows). Processor diibaratkan sebagai otak yang menerima instruksi dan pesan. Nah Intel Core i3 3217U ini mempunyai 2 core, kelebihannya dari 2 core adalah  multitask yang mengijinkan setiap core pada prosessor untuk bekerja pada 2 pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan, misal nih ibarat orang, tangan kanan buat nulis dan tangan kiri masih bisa berkegiatan masukin  keripik pisang ke mulut.

Spesifikasi selanjutnya yang menjadi pertimbangan adalah Random Acces Memory atau RAM. Fungsi RAM adalah untuk untuk menyimpan data sementara pada notebook atau komputer. Jadi, memori ini difungsikan untuk menyimpan data sementara agar ketika komputer/notebook bekerja, komputer tidak perlu mengakses terus menerus ke hardisk ketika mengolah data dan mencari data. Nah, Asus Vivo Book ini sudah dibekali DDR3 1333 MHz SDRAM, OnBoard Memory 4 GB. Dengan memory 4 Gb tentu kinerja notebook ini sudah pasti bisa diajak ngebut.

Yang menjadi poin plus selanjutnya adalah desainnya yang minimalis menyerupai ultra book. Modis dan trendi. Layarnya punya ukuran 11.6″ HD LED Touch Screen.  Pas, gak kebesaran ataupun kekecilan. Untuk kebutuhan menggambar dengan Autocad dan membuka aplikasi office tampilan segini  terasa nyaman dan  gak nyakitin mata. Ditambah fitur touch screen ini sungguh menggiurkan, karena ternyata fitur touch screen ini sering saya gunakan saat browsing dan saat membuka aplikasi office, terasa lebih cepat karna bisa menggabungkan fungsi keyboard dan layar touch screen.

Dimensinya yang cuma 30,3 x 20,0 x 2,17 yang hampir sama dengan kertas ukuran kertas A4. Berasa pas gak kegedean. Karena saya gak suka bawa tas gedhe, ya masih masuk untuk seukuran tas selempang pria. Vivobook ini punya berat 1,40 kg jadi gak berat -berat amat. Bahkan dengan dimensi dan berat yang saya katakan tadi, orang gak akan mengira kalau tas saya berisi notebook.

Poin plus selanjutnya adalah penempatan tuts keyboard yang terpisah. Walau VivoBook ini mempunyai desain minimalis tapi posisi keyboard masih terasa lapang dan nyaman untuk mengetik. Tutsnya juga terasa empuk saat digunakan. Kalau dari segi minusnya keyboard ini belum dilengkapi dengan back light atau fitur bisa menyala dalam gelap seperti Notebook Asus seri premium sekarang.

Sambil bekerja, biasanya nih saya menghidupkan  aplikasi pemutar mp3 dan setali tiga uang, Audionya Asus Vivobook x 202 E ini menggunakan Sonic Master, berasa banget keluaran suaranya lebih kentara dan luas.

Satu hal lagi yang sangat menarik dengan Asus VivoBook x 202 E adalah fitur Instan On. Fitur ini membuat notebook menyala hanya dalam 2 detik dari posisi sleep, jadi tidak perlu menunggu booting yang lama notebook bisa langsung digunakan. secara saya termasuk orang yang jarang mematikan laptop secara total ( shout down) jadi biasanya abis pakai ya maen lipat layar aja. Nah dengan fitur Instan On ini saya merasa terbantu sekali. 2 detik sudah On lagi loh.

Pas beli pertama dulu VivoBook ini dah bundling dengan windows 8.0. Di pertengahan tahun 2013 kemarin Asus memberikan fasilitas upgrade windows 8.1 secara gratis. Gratis itu seperti kata sakti yang menggiurkan, makanya sayapun gak tahan pengen upgrade. Memang gratis dalam artian gak bayar licensi lagi tapi upgrade tetap butuh paket data sekitar 3.62 GB. Menyadari paket data segitu bakalan lama kalau memakai faslitas free wifi, maka tak ada akar rotanpun jadi. Provider yang saya pakai menawarkan paket murah dengan 10 ribu perak bisa dapat paket 5 GB data. Dan sekarang, yihaa Asus VivoBook saya sudah pakai windows 8.1.

foto asus 25

(Bos Kecil & Asus) Lagi nonton videonya Fun. We Are Young

Nah dari uraian saya diatas bisa ditarik kesimpulan kalau notebook ini mempunyai banyak kelebihan. Dari Pengalaman saya memakai Asus ini, saya merasa cukup puas karena bisa mengakomodasi kebutuhan. Setahun lebih saya memakai Asus Vivo Book X 202 E ini pun tidak mendapati masalah yang berarti akan kinerja note book ini. Yak, dengan pengalaman ini layaklah saya sebut kalau Asus notebook dan Favoritku.

Tagged: , , , , , ,

§ 2 Responses to ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku at kupu biru.

meta

%d blogger menyukai ini: