Satu atau Dua (Nagih Janji)

8 Juli 2014 § 1 Komentar

Satu atau dua pilih satu atau dua yang engkau suka. Dua atau satu, pilih dua atau satu yang engkau mau. Seperti kita tau bersama bahwa besok pagi tanggal sembilan juli adalah saatnya warga negara yang baik dan peduli akan memberikan hak pilihnya untuk menentukan siapa presiden dan wakil presiden yang bakal membawa negeri ini selama lima tahun kedepan. Sampai detik ini saya masih mendalami dan mencari tau mana yang terbaik diantara yang baik ini. Saya yang pernah ngaku jadi slanker juga gak langsung simsalabimbim ngikut kata pentolan slank yang dengan getolnya mendukung Jokowi. Juga demikian dengan derasnya berita miring tentang Prabowo gak akan saya telan mentah-mentah.Prabowo_Hatta_Jokowi_JK.

Nah kalau bicara pilihan adalah urusan masing-masing dari kita. Disini saya cuma mau garis tebal aja tentang beberapa program-program Capres kita ini, ingat ya ini cuma beberapa program, jadi kalau mau intens nyari masih banyak lagi program mereka. Nah selain garis tebal maksud saya sampai iseng nulis beginian adalah  biar kita gak  lupa dan syukur–syukur bisa buat Nagih Janji.  Secara garis besar capres Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK berjanji konsen dalam hal pemberantasan korupsi dan penguatan KPK, meningkatkan anggaran riset untuk mendorong inovasi teknologi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi 7 persen, membangun ribuan hektar sawah baru, membangun infrastruktur perhubungan.

Kemudian ini ada beberapa program yang saya copas dari salah satu situs berita yang saya rasa masih agak independent. Inilah program capres Jokowi-JK :

  1. Meningkatkan profesionalisme, menaikkan gaji, dan kesejahteraan PNS, TNI dan Polri secara bertahap selama 5 tahun. Program remunerasi PNS akan dituntaskan di tingkat pusat dan diperluas sampai ke level daerah.
  2. Mensejahterakan desa dengan mengalokasikan dana desa di mana setiap desa rata-rata Rp 1,4 miliar dalam bentuk program bantuan khusus dan menjadikan Perangkat Desa menjadi PNS secara bertahap.
  3. Meningkatkan anggaran penanggulangan kemiskinan termasuk memberi subsidi Rp 1 juta setiap bulannya untuk keluarga pra-sejahtera, sepanjang pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 7%.
  4. Program kepemilikan tanah pertanian untuk 4,5 juta kepala keluarga. Pembangunan/perbaikan irigasi di 3 juta Ha Sawah. Pembangunan 25 bendungan, 1 juta hektar lahan pertanian baru di luar Jawa. Pendirian Bank Petani dan UMKM serta penguatan Bulog.
  5. Perbaikan 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia dan membangun pusat pelelangan, penyimpanan dan pengelolaan ikan.
  6. Menurunkan tingkat pengangguran dengan menciptakan 10 juta lapangan kerja baru selama 5 tahun. Bantuan dana Rp 10 juta per tahun untuk UMKM/Koperasi. Mendorong, memperkuat dan mempromosikan industri kreatif dan digital sebagai salah satu upaya mempercepat laju pertumbuhan ekonomi.
  7. Layanan kesehatan gratis rawat jalan/rawat inap dengan Kartu Indonesia Sehat, 6.000 puskesmas dengan fasilitas rawat inap serta air bersih untuk seluruh rakyat.
  8. Membantu meningkatkan mutu pendidikan pesantren guna meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Meningkatkan kesejahteraan guru-guru pesantren sebagai bagian dari komponen pendidik bangsa.
  9. Mewujudkan pendidikan bagi seluruh warga negara termasuk petani, nelayan, buruh, termasuk difabel dan elemen masyarakat lain melalui Kartu Indonesia Pintar. Menyediakan fasilitas pendidikan yang baik dengan target partisipasi 100% untuk SD, dan 95% untuk tingkat SLTP; mewujudkan kurikulum berkualitas; menjamin kesejahteraan guru dan meningkatkan tunjangan bagi para guru. Meningkatkan kualitas guru dengan melanjutkan program Sertifikasi guru.

Itu tentang Jokowi, Nah sekarang saya mau ngasih list beberapa program-program Prabowo-Hatta seandainya nanti terpilih sebagai Presiden dan wakil Presiden RI. Beberapa program Prabowo-Hatta ini saya ambil dari situsnya KPU :

  1. Meningkatkan pendapatan perkapita penduduk dari Rp 35 juta menjadi minimal Rp. 60 juta dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen per tahun menuju pertumbuhan diatas 10 persen.
  2. Meningkatkan pemerataan dan kualitas pertumbuhan ekonomi dengan mengurangi jurang si miskin dan si kaya.
  3. Meningkatkan daya serap angkatan kerja menjadi 2 juta lapangan kerja per tahun melalui perbaikan regulasi dan infrastuktur.
  4. Membangun dan mengembangkan industri nasional : transportasi darat (kereta api, mobil, sepeda motor), laut (angkutan kapal laut dan sungai), udara.
  5. Membangun kawasan ekonomi khusus.
  6. Menyelenggarakan APBN yang pro rakyat. Meningkatkan penerimaan negara dari pajak sekitar 12-16 persen rasio PBD.
  7. Melaksanakan ekonomi kerakyatan.
  8. Mengalokasikan dana APBN minimal satu milyar per desa per tahun langsung ke desa/ kelurahan.
  9. Mencetak 2 juta hektar lahan baruuntuk meningkatkan produksi pangan, sehingga dapat mempekerjakan lebih dari 12 juta orang.
  10. Membangun pabrik pupuk urea dan NPK baru milik petani dengan total kapasitas 4 juta ton.
  11. Memperluas konvensi penggunaan BBM kepada gas dan energi terbarukan.
  12. Melaksanakan wajib belajar 12 tahun dengan biaya negara.
  13. Menjamin pelayanan kesehatan gratis bagi rakyat miskin melalui percepatan BPJS kesehatan.
  14. Membangun prasarana di seluruh Indonesia, jalan dan jembatan termasuk 3000 km jalan raya nasional baru modern dan 4000 km rel kereta api, pelabuhan laut, udara.
  15. Memulai reboisasi 77 hektar hutan.
  16. Mencegah dan memberantas KKN dengan menerapkan manajemen terbuka dan akuntabel, memperkuat peranan KPK.
  17. Memperkuat TNI dan POLRI.

Seperti saya bilang di awal ini hanyalah beberapa program atau janji mereka jika terpilih menjadi presiden. Semoga terealisasi, sehingga rakyat ini tidak harus susah-susah Nagih Janji.

Sebagai pemilih yang cerdas tentunya sudah banyak menggali informasi, visi misi, rekam jejak para capres dan cawapres. Jadi tentu kalian tidak bakalan ragu lagi. Tapinya kalau masih ada yang ragu, ya sebagai seorang muslim kenapa tidak menggunakan ajian pamungkas. Apa itu? Yap, jawabnya adalah sholat Sholat istikharoh.

Semoga kita mendapatkan pemimpin yang terbaik diantara yang baik ini. Selamat memilih, selamat berpesta.

Gambar dari indonews

Tagged: , , , , ,

§ One Response to Satu atau Dua (Nagih Janji)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Satu atau Dua (Nagih Janji) at kupu biru.

meta

%d blogger menyukai ini: