Pindah Penduduk

16 Maret 2016 § Tinggalkan komentar

Haloha kawan.. sudah lama tak besua. Kali ini saya mau cerita bagaimana proses pindah penduduk. Ada beberapa klasifikasi pindah, pindah penduduk satu kelurahan, antar kelurahan, antar kecamatan, antar kabupaten dan antar provinsi dalam wilayah Indonesia. Nah saya kemarin ngurus yang klasifikasi paling bontot tu, antar provins dalam wilayah Indonesiai.

Apa saja yang perlu disiapkan? Yang paling penting untuk disiapkan adalah waktu. Luangkan waktu. Pertama yang harus dilakukan adalah mencabut status kependudukan kita di daerah asal. Jadi saya kemarin start dari rumah sekitar jam 09.00, berhubung udah hapal biasanya RT dan RW di daerah saya selalu melimpahkan tentang surat menyurat ke kadus atau kelurahan, saya langsung saja ke kelurahan. Di kelurahan kita akan dibuatkan surat pengantar pindah dan sekaligus juga kita akan dicatat atau dimasukkan list daftar orang yang telah melakukan pindah penduduk. Saya mengurusnya kisaran waktu 20-25 menit, maklum alat tulisnya masih pakai keyboard cethak-cethok alias mesin ketik jadul. Selesai sudah dikelurahan, saya langsung meluncur ke kecamatan membawa surat pengantar pindah tersebut untuk ditanda tangani oleh camat. Pengalaman, karena antri urusan di kecamatan selesai dalam 30 menit, itu sudah termasuk foto kopi dan penjelasan oleh petugas kecamatan kalau ktp dan KK yang asli ditarik/diminta dan sebagai gantinya nanti akan dapat surat dari Dispenduk. Baiklah..

Kelar sudah urusan di kecamatan, saya menuju ke kantor Dinas kependudukan dan catatan sipil (Dispendukcapil) . Hal yang saya lakukan adalah bertanya dulu berkas apa saja yang perlu saya siapkan, Yak ternyata disini butuh foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, berhubung saya belum bawa foto ngacirlah saya cari tukang cetak foto. Hari yang baik, saya dapat tukang cetak foto yang bisa ditunggu. Kelar cetak foto saya balik lagi ke Dispenduk.. Olala udah jam istirahat siang (istirahat jam 12.00 – 13.00), mungkin jam istirahat akan tergantung kebijakan instansi sendiri. Gak apa-apa saya langsung aja ngambil nomor antrian dan setelahnya Ishoma dulu. Jam 13.00 pelayanan sudah dimulai lagi dan sesuai antrian mulai dipanggil satu-satu. Tibalah giliran saya, sodorkan surat pengajuan yang dari kelurahan dan yang di ttd kecamatan tadi, lalu dipersilahkan menunggu sebentar. Kisaran 15-20 menit sudah jadi itu surat pengantar pindahnya, setelah kita cek data-data yang tertera disitu kita disuruh fotokopi sebanyak 4 lembar, kemudian di stempel asli dimasukkan ke dalam amplop dan kelar sudah. Ya kisaran jam 14.00 selesai sudah. Alhamdulillah.

Sekali lagi Alhamdulillah dan saya bener-bener salut atas pelayanan yang diberikan petugas kelurahan, kecamatan dan Dispendukcapil di salah satu kabupaten di Yogyakarta ini. Melayani dengan ramah dan cepat. Oh ya satu lagi, selama proses tadi gak ada pungutan liar sama sekali… semua Geratis!

Nah proses selanjutnya adalah mengurus pindah datang di Kabupaten yang dituju..InsyaAllah cerita berlanjut dipostingan selanjutnya. Salam.

Tagged: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Pindah Penduduk at kupu biru.

meta

%d blogger menyukai ini: