Cinta Ingusan

8 April 2016 § Tinggalkan komentar

Kemarin saya iseng mau lihat itu bandara Jember. Ya iseng aja, kenapa sekarang jadi ramai dibahas sama pejabat daerah dan wartawan lokalan sini. Untuk menuju bandara saya melewati jalan yang kanan-kirinya pohon tebu, ini adalah area perkebunan Ptpn wilayah jember. Setelah tahu itu bandara dan melongok sebentar, yaudah saya balik lagi. Selesai.

Begitu saja ceritanya? Tidak, ini ada yang tersisa. Tadi di antara tebu-tebuan saya lihat ada sepasang anak sekolah yang sedang nongkrong di atas motor matic. Mereka asyik ngobrol sambil berdekatan berhimpitan. Aih..aih #numpang pacaran nih ama rindangnya pohon tebu. Pun begitu saat saya melintas di area salah satu gedung olah raga. Di sudut 145 derajat gedung, saya lihat hal yang serupa #numpang pacaran ama tembok gedung.

Ada cerita juga kemarin di harian lokal, anak cowok SMK membunuh mantan/pacarnya sendiri, hanya gara-gara cemburu membaca sms dari dari cowok lain. Ngebunuhnya pun sadis, di jelungupin di lumpur sawah. Emosi yang meledak dan belum bisa mengaturnya dengan baik, membuat anak-anak ingusan ini kebablasan dan gak berfikir panjang.

Cinta-cintaan memang asyik, tapi kadang belum benar menyikapi. Digombali, Cinta kamu sayang… Digombali perhatian, Udah maem belum sayang? Ataupun Kangen kamu, sayang.. #terus melayang. Iya kan? Kalau bilang iya, berarti pengalaman.

Udah gitu dibela-belain bolos sekolah, dibela-belain alasan belajar bersama, alasan banyak PR ni pa/ma. Semua itu karena alasan ketemuan ama yayang tersayang. Nah lho jadi  #Numpang pacaran ama alasan. Kadang siklusnya pun aneh Kenalan, Dagdigdugan, Ketemuan, Jadian, Begituan, Bubaran, Hilang Ingatan. Padahal dulunya ya update banget Telp, BBM atau Whatsappan. Any time. Lagi dimana, ngapain aja, maem apa, bobok dengan siapa, sudah sampai sekolah, sudah sampai rumah. Setelah bubaran, delete contact!  Cinta anak ingusan.

Cinta-cintaan model beginian, biasanya gak berjalan lama. Yaa hitungan bulanlah. Jarang sekali dari awal masuk sampai lulus sekolah. Walaupun sedikit persen, ada. Nah kalau yang sampai lulus masih bertahan, harusnya mereka dapat hadiah tu, 32 pak buku tulis sinardunia lengkap dengan pensil, pen, penggaris dan penghapus. Berarti cinta-cintaannya rada bener nih orang, kalaupun mlencengpun, sedikit. Otaknya masih belajar beneran, gak ke blokir ama cinta-cintaan.kebo

Nah akhirnya, pesen sponsor dari orang yang lebih tua-an ini. Buat si Budi, pulang sekolah bobok siang yaa..ingat bobok dirumah sendiri. Buat si wati, ntar belajar yang rajin ya, biar gak perlu contekan si budi. Buat si Arman, jangan suka genitin budi yaa…eh wati maksudnya. Buat si entong, maen layangannya di halaman belakang aja, gak usah jauh-jauh ke halaman wati. Buat si Beno jangan lupa, abis ashar angon kebo! Angon yang bener, jangan sampai kumpul kebo ama kebonya wati #segitunya.  Begitulah, dan seperti kata pak ustad, pandailah dan berdoalah. Untuk pandai harus belajar, dan untuk berdoa makbul harus beribadah,Logic.

Lagu Laguan

2 April 2016 § Tinggalkan komentar

Sedang asyik ngobrol dengan seorang teman tiba-tiba handphone saya berdering. Yap ada panggilan masuk. Saya lalu mengangkat dan mengobrol sebentar dengan penelepon. Hanphone saya taruh di meja, tepat disebelah gelas kopi yang masih panas. Nah teman ngobrol saya ini lalu bertanya. Kenapa ringtone dari Kla yang saya pakai? (saya pasang ringtone terpurukku disininya Kla project). Oh dengan entengnya saya bilang, Suka dengan intronya..mainin musiknya bagus. Sesat kemudian saya baru sadar, ternyata eh ternyata muka teman saya ini berubah jadi sendu biru. Kenapa eh kenapa? Bukan kebelet, ternyata ada kenangan buruk dalam lagu itu, tepatnya sih karna syairnya.kopi.

Kopi panas yang saya pesan udah berangsur dingin walaupun belum sedingin wajah seorang teman ini. Dia lalu melanjutkan sesinya, apa itu? Curhat. Alamakjang… adalah kau ciptakan bara ke dalam tungku yang panas menyala adalah kau padamkan bara takala hangat mulai membuai jiwa bla bla bla. “Sakiiit broo, sakitnya tuh disini” sambil megangin dadanya. Setelah beberapa lama saya yang berperan sebagai bak sampah ini melongo dan sesekali menimpali, teman saya terlihat mulai lega. “Sudahlah, Itu kan kenangan. Itu dulu” ucap saya. Nah teman saya lalu bilang “Tapi sekarang terulang lagi”. Wuuaaaa….Kuampreet. Bukanya sedih, malah kami ngakak berdua.

Begitulah sebuah lagu. Lagu bisa jadi kenangan yang pahit ataupun manis. Lagu gak kenal usia penikmat, mau anak ingusan, muda, setengah tua ataupun tua. Lagu sering dikirimkan seseorang muda/tua kepada seseorang muda/tua untuk mengungkapkan perasaannya. Yah mungkin perasaan yang terkendala. Ajaibnya lagu juga bisa menjadikan obat mujarab, misal sedang kangen seseorang dan LDR an. Lagu adalah jurus sakti agar kamu bisa berbunga-bunga lagi.

Selamat berlagu kawan.. Oh ya kamu tau lagu gloomy sunday?

Pindah Penduduk

16 Maret 2016 § Tinggalkan komentar

Haloha kawan.. sudah lama tak besua. Kali ini saya mau cerita bagaimana proses pindah penduduk. Ada beberapa klasifikasi pindah, pindah penduduk satu kelurahan, antar kelurahan, antar kecamatan, antar kabupaten dan antar provinsi dalam wilayah Indonesia. Nah saya kemarin ngurus yang klasifikasi paling bontot tu, antar provins dalam wilayah Indonesiai.

Apa saja yang perlu disiapkan? Yang paling penting untuk disiapkan adalah waktu. Luangkan waktu. Pertama yang harus dilakukan adalah mencabut status kependudukan kita di daerah asal. Jadi saya kemarin start dari rumah sekitar jam 09.00, berhubung udah hapal biasanya RT dan RW di daerah saya selalu melimpahkan tentang surat menyurat ke kadus atau kelurahan, saya langsung saja ke kelurahan. Di kelurahan kita akan dibuatkan surat pengantar pindah dan sekaligus juga kita akan dicatat atau dimasukkan list daftar orang yang telah melakukan pindah penduduk. Saya mengurusnya kisaran waktu 20-25 menit, maklum alat tulisnya masih pakai keyboard cethak-cethok alias mesin ketik jadul. Selesai sudah dikelurahan, saya langsung meluncur ke kecamatan membawa surat pengantar pindah tersebut untuk ditanda tangani oleh camat. Pengalaman, karena antri urusan di kecamatan selesai dalam 30 menit, itu sudah termasuk foto kopi dan penjelasan oleh petugas kecamatan kalau ktp dan KK yang asli ditarik/diminta dan sebagai gantinya nanti akan dapat surat dari Dispenduk. Baiklah..

Kelar sudah urusan di kecamatan, saya menuju ke kantor Dinas kependudukan dan catatan sipil (Dispendukcapil) . Hal yang saya lakukan adalah bertanya dulu berkas apa saja yang perlu saya siapkan, Yak ternyata disini butuh foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar, berhubung saya belum bawa foto ngacirlah saya cari tukang cetak foto. Hari yang baik, saya dapat tukang cetak foto yang bisa ditunggu. Kelar cetak foto saya balik lagi ke Dispenduk.. Olala udah jam istirahat siang (istirahat jam 12.00 – 13.00), mungkin jam istirahat akan tergantung kebijakan instansi sendiri. Gak apa-apa saya langsung aja ngambil nomor antrian dan setelahnya Ishoma dulu. Jam 13.00 pelayanan sudah dimulai lagi dan sesuai antrian mulai dipanggil satu-satu. Tibalah giliran saya, sodorkan surat pengajuan yang dari kelurahan dan yang di ttd kecamatan tadi, lalu dipersilahkan menunggu sebentar. Kisaran 15-20 menit sudah jadi itu surat pengantar pindahnya, setelah kita cek data-data yang tertera disitu kita disuruh fotokopi sebanyak 4 lembar, kemudian di stempel asli dimasukkan ke dalam amplop dan kelar sudah. Ya kisaran jam 14.00 selesai sudah. Alhamdulillah.

Sekali lagi Alhamdulillah dan saya bener-bener salut atas pelayanan yang diberikan petugas kelurahan, kecamatan dan Dispendukcapil di salah satu kabupaten di Yogyakarta ini. Melayani dengan ramah dan cepat. Oh ya satu lagi, selama proses tadi gak ada pungutan liar sama sekali… semua Geratis!

Nah proses selanjutnya adalah mengurus pindah datang di Kabupaten yang dituju..InsyaAllah cerita berlanjut dipostingan selanjutnya. Salam.

Autocad Student

29 Juli 2015 § 1 Komentar

Hi hai teman-teman yang sempat mampir ke blog ini, kali ini saya mau berbagi cerita cara install dua aplikasi yang buat teman-teman teknik hampir wajib hukumnya. Nah apa itu?

halaman muka autodesk.com

halaman muka autodesk.com

Yak yang pertama Autocad. Kali ini saya menginstall autocad versi student tahun 2015 dan 3ds max 2015. Sebenarnya dari autodesk pembuat dan penyedia aplikasi ini sudah mulai merilis versi 2016, namun kali ini saya lebih memilih yang 2015 dikarenakan ukuran file yang lebih kecil dan juga pertimbangan untuk mencari tutorial yang tentunya akan lebih banyak.

Bagi temen-temen yang ingin menggunakan produk ini silahkan masuk ke Autodesk.com, buat akun disitu dan jangan lupa konfirmasi email yang telah dikirim oleh tim dari autodesk, setelah itu pilih aplikasi yang mau di download (misal : autocad 2015) dan tunggu sampai download selesai. Sebelum install jangan lupa cek e-mail kita lagi untuk melihat serial number dan product key untuk aktivasi autocad atau 3ds max atau produk lainnya dari autodesk. Untuk lebih jelas prosesnya silahkan cek video you tube berikut.

Selamat berkutat dengan aplikasi garis, garis dan geris teman, semoga bermanfaat.

Mentor

20 Mei 2015 § Tinggalkan komentar

Kemarin saya menonton acara studio 1.0 di Bloomberg TV Indonesia. Seperti biasa Emily Chang, Host Studio 1.0 akan mengulik kisah sukses seseorang yang bergelut di bidang teknologi dan hiburan. Kemudian di salah satu sesi dia mewancarai Aaron Sorkin. Ya, tepatnya Aaron Benjamin Sorkin, seorang penulis skenario, produser, penulis drama dan telah mendapatkan banyak penghargaan. Dia banyak menceritakan kisah hidupnya diacara ini, tapi ada satu hal yang menarik yaitu bahwa dia pernah membantu menyiapkan naskah pidato steve jobs di acara wisuda mahasiswa stanford tahun 2005. Walaupun,sebetulnya dia hanya membenahi beberapa tanda baca pada naskah yang sudah disiapkan steve jobs sendiri. Pidato steve Jobs ini banyak mendapatkan pujian dari semua orang yang menghadiri ataupun melihat di you tube. Pidato steve jobs ini menceritakan tentang tiga hal dalam hidupnya, walaupun hanya tiga hal tapi memang sungguh menarik pidato ini. Bagi yang belum melihat silahkan lihat di tautan ini.

Steve jobs memang luar biasa, banyak orang mengagumi dan bahkan mempelajari cara mencapai kesuksesannya. Nah setelah berfikir lama, saya jadi penasaran siapa sih orang Indonesia yang sukses. Sukses dan punya energi layaknya steve jobs dan yang penting mau berbagi ilmu atau kisah hidupnya. Ada banyak orang dan cerita yang kita dapat, misal presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno yang sangat terkenal dengan keberaniannya dan pidatonya. Ada Bob Sadino, William Soeryadjaya, Ciputra, Chairul Tanjung, Dahlan Iskan dan masih banyak lagi. Tapi kali ini saya sungguh tertarik dengan apa yang telah banyak di share oleh salah satu pengusaha Indonesia ini. Siapa dia? Yak, Sandiaga Salahudin Uno, atau lebih dikenalnya Sandiaga Uno. Sandiaga Salahudin Uno atau sering dipanggil juga Sandi Uno, lahir di Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969; adalahpengusaha asal Indonesia. Sering hadir di acara seminar-seminar, Sandi Uno yang berdarah Gorontalo ini kerap memberikan pembekalan tentang jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), utamanya pada pemuda. Wikipedia.

Nah seorang bapak pengusaha sukes yang dikaruniai tiga anak ini banyak membagi ilmu dan kisah hidupnya yang sangat menarik. Dalam salah satu seminar yang saya lihat di youtube dia menceritakan empat kartu As nya. Apa saja itu. Kerja Keras, kerja Cerdas, Kerja Tuntas dan Kerja Ikhlas. Salah satu video yang menceritakan tentang itu bisa dilihat pada tautan youtube dibawah ini.

Kalau teman-teman mau jalan-jalan lagi melihat beberapa video Sandiaga S Uno di youtube akan banyak sekali yang kita dapat, seperti Cerita menjadi pengusaha, Cita-citanya menjadikan Indonesia Setara, Apa itu Enterpreneur dan jiwa Enterpreneur itu seperti apa. Atau kalau mau berkunjung ke blog pribadinya bisa klik disini Sandiaga-uno.com dan mengikuti twitter yang dipegang langsung Sandiaga S Uno dengan akun sandiuno.

Semoga kita bisa belajar dari para orang-orang sukses ini, semoga bermanfaat, Salam.

Nametests.com

28 April 2015 § 2 Komentar

Sebagian dari kita mungkin udah pada tau, kenapa orang tua kita memberi nama seperti yang kita sandang sampai hari ini. Karena nama bisa juga diinterprestasikan sebagai doa, biasanya nama kita punya arti yang baik-baik. Namun kali ini kita mau ngulik salah satu mainan yang ada di online yaitu Nametests. Intinya nametests ini bakalan menyajikan arti nama kita, setelah kita meng input nama pada tampilan muka ‘ Apakah arti namamu yang sebenarnya”. Untuk linknya bisa klik ini Nametests.name1

Nah udah di cek arti nama kamu? Hasilnya bagaimana? Cetar luar biasa, Mempesona. Pertama membaca sebagian dari kita akan mengangguk-angguk mengamini hasil yang disajikan nametests, kok bisa ya! Kenapa? iya, karena saya yakin pendiskripsian arti nama kamu secara garis besar adalah baik. Begitulah mungkin orang tua sudah mengkaji nama yang akan diberikan ke anaknya secara mendalam sebelum menyematkannya🙂. Sebagai contoh kali ini saya akan mencoba memasukkan nama ‘phikopi’ dan apa hasilnya.name2

Kalau kita lihat kalimat terakhir diskripsi nama “phikopi’ yaitu Kamu adalah penyayang yang mengutamakan orang-orang tercinta diatas semuanya. Bukankah ini adalah hal yang umum menjadi sifat seseorang. Teman-teman juga bisa mengecek arti nama yang lain dengan memasukkan nama koruptor atau perampok negara misalnya.name3Nah lho hasilnya bagaimana, kok menawan. Jadi jangan terlalu serius ya maenan nametests ini, bijak aja anggap aja seru-seruan, hore-horean. Selamat bermain man-teman, salam phikopi.. Eh🙂.

Ahok untuk DKI

15 November 2014 § Tinggalkan komentar

Di head line portal berita hari ini banyak mengulas pengangkatan Ahok sebagai Gubernur DKI, maka selesailah sudah polemik pengangkatan Ahok. Ahok sekarang resmi menjadi orang nomor satu di DKI. Gara-gara berita Ahok yang di protes kanan kiri oleh FPI dan beberapa orang di DKI , saya jadi tertarik untuk melihat aksi Ahok yang sering diupload di you tube.

Awal-awal mencari video dengan kata kunci “ahok”  saya banyak menemukan beberapa video yang isinya marah dan marah, contoh saat rapat dengan Dinas PU. Kalau boleh saya bilang dia memanglah typical orang yang tegas dan meledak-ledak, jadi wajarlah reaksi orang yang mempunyai karakter begitu menghadapi ketidakberesan proyek-proyek yang nilainya mistis.

Ada satu video di you tube yang saya suka, ketika cerita dulu dia sering di ledek karena china. Terus Ahoknya ngejawab. Ia saya china, kenapa? Saya china. Tapi saya warga negara Indonesia yang kalau sampai ada sesuatu yang mengancam negeri ini, saya akan menjadi yang paling depan membela negeri ini. Semoga ini benar begitu adanya.

Sekarang gak usahlah kita mempermasalahkan etnis dan agama seseorang untuk menjadi seorang pemimpin. Bukan jamannya lagi. Kalau ada polemik apa gak dosa ni, sebagai muslim kok milih atau merasa pasrah dipimpin seorang yang non muslim. Tenang saja, menurut seorang guru ngaji saya, gak ada kok ayat yang mengharuskan memilih pemimpin seorang muslim (kecuali satu, memilih pemimpin keluarga). Selama dia lebih baik diantara yang ada dan dia bisa memimpin dengan baik dan berlaku adil, tentu itu yang harus dipilih.

Nah yang perlu dilakukan sebagai warga negara yang baik mempunyai hak dan kewajiban untuk mengawalnya dan juga mengkritiknya apabila ada yang salah. Tentu saja kritik yang membangun yang diperlukan. Bukannya kritik karena alasan untuk menghalangi apalagi kritik karna  alasan gak kebagian jatah kursi.